Selasa, 02 Juli 2024

Toilet Training Musa Hari Kedua

Bismillaah...

Anaknya sudah bobo, mari kita menyimpan kenangan disini πŸ˜… siapa tau kelak bermanfaat juga jika pas lagi butuh ke anak berikutnya.

Dibanding kemarin, hari ini kayaknya lebih banyak BAK di celana. Umminya lagi badmood sih sejak bangun, mungkin efek kurang tidur dan kurang makan ditambah lagi gak sholat.

O iya, kayaknya, setiap saya mau memulai toilet training ke anak2, saya nunggu sampai saya lagi gak sholat di usia anak 2 tahun atau lebih. Kenapa? Biar gak ribet saja buat bersih-bersih dari najis. Walau ternyata, di Musa ini, sepertinya ujianku lebih berat dibanding saudara-saudaranya dulu. Kondisi kurang fit, kurang tidur dan lagi malas makan, itulah yang menjadi ujianku kali ini.

Kembali ke Musa...
Hari ini jemuran full dengan celana bekas pipisnya. Mulai dari bangun tidur, pipisnya di tempat tidur 😭. Padahal, sudah dijaga sekali, dibujuk buat ke wc, tetap gak mau. Pas umminya lengah, eh... dia bak πŸ˜….

Gak pa2, nak. Masih hari ke 2. Namanya saja belajar.

Yang lucu di hari ini adalah...
Saat Musa saya bawa ke wc buat pipis, seperti biasa, nunggunya lama. Mungkin karena saya nya juga yang terlalu sering bawa ke wc, kadang cuma selisih setengah jam atau kurang dari 1 jam. Padahal, normalnya itu selisih 1-2 jam, baru deh dibawa ke toilet. 
Jadi pas saat itu, yang mungkin cuma selisih setengah jam, eh gak pipis2. Akhirnya, saya nanya, "Musa, mana pipisnya?"
Eh, dia jawab, "Habismi..."

Ya Allah 🀣🀣🀣

Menghibur sekali kamu, Nak, masya Allah.
Lucunya karena dijawab fasih, spontan sambil senyum-senyum, wkwkwk.

Trus, hari ini, karena mau mencuci, jadi ke rumah kakek neneknya. Mungkin karena waktu disananya singkat, cuma 2 jam, jadinya dia cuma sekali saja pipisnya (di celana), itupun sebelum-sebelumnya sudah rutin tiap setengah jam dibawa ke wc.
O iya, Musa sempat ke mesjid juga untuk sholat Maghrib karena diajak kakeknya 😍
Walau umminya yang super khawatir, takut kalau2 di mesjid jadinya pipis dan mengotori lantai, tapi kakeknya tetap bawa Musa 😍
Jadi sebelum dibawa ke mesjid, di suruh pipis dulu di wc, tapii... pas di wc, anaknya gelisah karena takut ditinggal kakeknya, sampai akhirnya... ia berteriak dengan jelas, "Tunggukaaaaa..."

MasyaAllaah, Nak 🀣

Walau sebenarnya hal biasa, namun bagiku luar biasa, soalnya Musa itu walau usianya 2 tahun, sebagian besar kosa kata yang dia ucapkan masih belum sempurna. Namun 2 kata yang menghibur saya hari ini, semuanya diucap jelas dan fasih, masyaAllah 😍

1 lagi yang saya terluput kemarin...
Sebelum Musa tidur tadi, saya ajak dia untuk berdoa, semoga besok Allah mudahkan untuk kami melalui proses toilet trainingnya.
Semoga besok sudah ada hasil, sedikit juga gpp ya Allah πŸ₯Ί
Semoga Allah tetap beri saya kekuatan dan kesabaran. Dan berharap, Allah menetapkan kebaikan atasnya sehingga menjadi pemberat amal timbangan ku kelak di hari Akhir.

Ya Allah, tanpa pertolonganmu, mungkin tadi saya sudah nyerah 😭
Bantu saya, ya Allah 🀲
Saya tak bisa tanpaMu πŸ₯ΊπŸ₯ΊπŸ₯Ί

Untuk ibu, ummi, ummah, mama, mami, siapapun panggilannya, tetap semangat...
Inilah ladang pahala kita. In syaa Allah semuanya akan terlalui, tinggal bagaimana kita sabar dalam prosesnya.

Untuk kalian yang melaluinya sendiri tanpa bantuan suami, kalian hebat. Peluk kalian, ibu2 πŸ€— Sabar ya... Kebaikanmu berlipat-lipat.. Teruslah berbuat kebaikan meski sendiri dan meski sangat lelah, karena kelelahan itu akan hilang suatu saat, namun pahalanya akan terus ada.


Ilma, 2 Juli 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar