Selasa, 02 Januari 2024

Mengurus Paspor

Bismillaah..

The first time ngurus sendiri paspor di kantor imigrasi. Sebelum saya ke kantor imigrasi, saya daftar online dulu. Jadi download dulu M-Paspor di handphone, trus isi data deh.

Walau saya sudah ada paspor sebelumnya, namun, ini adalah pengalaman pertama mengurus sendirian. Kalau dulu, yaa di uruskan. Jadinya, saya bingung pas tiba di kantor imigrasi. Awal bertanya ke petugasnya, disuruh ke loket dekat tempat antri, pas ke loket pun petugasnya heran (dengan saya), karena ternyata, alur pertama nya itu adalah mengambil map dan nomor antrian. Karena tempat pengambilan map nya berbeda dengan tempat antrian, inilah yang bikin bingung.

O iya, saya mengurusnya di Kantor Imigrasi Makassar, Daya.

Jadi, kalau sudah berada di Kantor Imigrasi, langsung saja ke sebelah kiri kantor, dekat kantin. Disitu ada 1 meja tempat pengambilan map kemudian tidak jauh dari situ ada tempat pengambilan nomor antrian. Di tempat nomor antrian ini, kita disuruh lengkapi berkas-berkas yang akan dikumpulkan.

Karena saya sudah punya paspor sebelumnya namun sudah habis masa aktifnya, maka untuk kali ini, saya hanya memperpanjang saja masa aktif. Jadi berkas yang dikumpulkan / harus dibawa adalah:

- fotocopy ktp
- fotocopy paspor lama
- paspor lama (buku aslinya)

Di dalam map ada selembar kertas, saya cuma tanda tangan saja di bagian "pemohon".
Kemudian setelah itu, antri sesuai nomor urutan di gedung nya. Pas saya antri, bertepatan dengan jadwal istirahat siang petugas (padahal masih 11.45). Jadi istirahatnya sampai jam 1 siang (ngaret 10 menit).

Jam 13.10, tibalah giliran saya. Karena saya bercadar, petugasnya sigap mencarikan tempat khusus untuk yang bercadar. MasyaAllaah, love dan terharu sekali di bagian ini. Begitu menjaga nya mereka sampai dicarikan tempat khusus dan tertutup buat kita yang bercadar. Sudah di ruang tertutup, masih ditutupi kain juga pas lagi foto. Berbeda saat pembuatan paspor pertama kali, dapatnya petugas laki-laki dan yang foto kalau gak salah juga laki-laki. Kali ini semuanya perempuan. Alhamdulillaah, Baarokallaahu fiikum.

Di tempat foto juga ditanyai tujuan kemana dan dalam rangka apa. Dijawab saja apa adanya (atau ada apanya 😅). Trus disuruh sidik jari juga.

Selesai, Alhamdulillaah. Dikasi selebaran buat bukti nanti saat pengambilan paspor.

Di lembarannya tertulis, paspor akan selesai 3 hari kerja, namun, menurut petugas, selesainya 4 hari kerja (di luar hari libur / tanggal merah gak dihitung). Saya buat nya Selasa, disuruh ambil hari Senin depan, qaddarullaah, padahal butuhnya sebelum Ahad. Jumat nanti mau cek lagi, semoga bisa keluar di hari Jumat, aamiin.

Demikian pengalaman saya di Kantor Imigrasi hari ini. Lelah? Iya, karena bolak baliknya sudah kayak setrika, belum lagi bawa anak yang hmmm, sempat menjatuhkan pagar2 playgroundnya.

O iya, kantornya ramah anak juga ya, masyaAllaah, ada playground nya, tempat khusus buat anak-anak main sambil nunggu ortunya ngantri / proses foto. Di awal datang sempat terpisah sama anak-anak, tapi dikasi tau sama petugasnya kalau mereka lagi nunggu di playground, saya jadi merasa aman.

Disediakan (free) air gelas, bisa buat teh / kopi juga bagi yang mau dan air panasnya disediakan di galon dan dispenser.

MasyaAllaah, untuk saat ini, pelayanan dan fasilitas di Kantor Imigrasi Makassar 👍♥️♥️♥️. Sisa parkiran nya yang masih sementara pembenahan.

Sekian.
Semoga bermanfaat buat yang mau mengurus sendiri juga.


_2 Januari 2024_
Di Bengkel Mahaputra, sambil nunggu mobil di tune up

Tidak ada komentar:

Posting Komentar