Minggu, 15 September 2024

Toilet Training Musa (The End)

Bismillaah...

Sudah September pertengahan...
Dua bulan berlalu dari pertama kali Musa toilet training dan saya belum menulis lagi 😅. Sekarang memaksakan diri untuk menulis agar kelak ada kenangan dan jejak yang bisa kami kenang dan baca kembali.

Alhamdulillaah, Musa lulus toilet training dengan segala dramanya di usia 2 tahun 2 bulan. Alhamdulillaah, semua atas izin dan bantuan dari Allah.

Kayaknya butuh sebulan untuk benar-benar membuat Musa lepas dari popok setiap waktu. Walau dalam masa itu, ada saja drama yang terjadi; bilangnya setelah pipis atau pup di celana, gak mau dicebok, pup di sembarang tempat, bilangnya gak mau padahal mau dan pipis/pup nya saat pake celana, dan segala drama yang lain.

Tidak apa-apa. Semuanya adalah proses. Yang terpenting saat ini, Alhamdulillaah Musa sudah tidak pakai popok lagi kemana-mana dalam dua bulan ini.
Alhamdulillaah satu tahapan dari mantan bayi ku ini selesai sudah. Dan tahapan selanjutnya menanti, semoga Allah mudahkan juga. Bismillaah..

2 tahun 2 bulan. Mungkin terlalu dini buat ibu lain yang kadang merasa wah ketika melihat Musa sudah tidak pakai popok lagi. Namun, mungkin juga terlalu lama bagi yang anaknya sudah lulus TT di usia bawah 2 tahun.
Tapi, apapun itu, sebenarnya toilet training itu hanya butuh kesiapan kita terutama ibu lalu kemudian kesiapan anaknya sendiri. Tidak ada kata cepat atau terlambat, jadi tidak perlu saling menyalahkan / merendahkan apalagi membanding-bandingkan. Persiapkan saja diri kita minimal 3 hari -1 bulan untuk direpotkan dengan drama TT. Kalau belum siap, gpp, tunggu sampai kita betul-betul siap. Tak perlu membandingkan diri dan melihat pencapaian anak lain, karena yang tau kesiapan kita dan anak kita itu adalah kita sendiri sebagai ibunya.

Satu yang mungkin sering terluput dari proses itu adalah, bagaimana kita melibatkan Allah di awal kita memulai. Karena bukan kita yang hebat dengan bisa melewati segala prosesnya, tapi, semuanya bisa terlewati karena ada bantuan dari Allah.

Alhamdulillaah 'alaa kulli haal.

Semangat bu ibu ✊


Ilma, 15 Sept 2024

Tidak ada komentar:

Posting Komentar