Kamis, 13 Juni 2024

Fitrahnya Perempuan

Bismillaah...

"Kenapa ya perempuan suka mengungkit masalah lama?"

***

Al Mar'atu Kal Mir'ah
Perempuan itu seperti cermin, di saat pecah, mungkin masih bisa memantulkan bayangan, tapi nggak akan bisa sesempurna sebelumnya. Sama kayak hati perempuan, mudah untuk memaafkan tapi sulit untuk melupakan. Jadi harus dijaga dan penuh kehangatan.

Saking sensitifnya hati perempuan, hal yang menurut laki-laki sepele dan nggak perlu dipikirkan, bisa perempuan ingat terus, bahkan nggak tidur semalaman.

***

"Kenapa sih perempuan sensitif? Bisa ingat masalah lama, tapi suka lupa naruh kaos kaki dimana."

Menurut dokter Aisah Dahlan, ahli neuroparenting, laki-laki itu punya 99 pikiran dan 1 emosi, sedangkan perempuan punya 99 emosi dan 1 pikiran. Di saat ada masalah, laki-laki hanya otak bagian kanannya yang terganggu. Sedangkan perempuan, hampir seluruh bagian otak kerjanya. Jadi maklum aja, kenapa perempuan bisa sensitif. Karena fitrahnya memang seperti itu.

***

"Terus gimana kalau perempuan salah?"

Rasulullaah shallallaahu 'alaihi wasallam berpesan dalam HR. Bukhari dan Muslim, "Lemah lembutlah terhadap gelas-gelas kaca."
Yang maksudnya adalah perempuan.
Kenapa begitu? Karena sesungguhnya kelembutan itu tidaklah ada pada sesuatu melainkan ia akan menghiasinya atau membuat sesuatu itu menjadi lebih indah. Dan tidaklah kelembutan itu dihilangkan dari sesuatu, melainkan ia akan memperjeleknya. (HR. Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar