Sabtu, 25 April 2020

Andai Ini Ramadhan Terakhirku

Bismillaah...

Menghadirkan rasa bahwa mungkin Ramadhan ini adalah Ramadhan terakhir kita adalah
sangat benar dan sangat relevan walaupun ia adalah sesuatu yang sering kali kita ulangi hampir tiap tahun.

Ketika kita menjumpai lagi Ramadhan tahun ini dan kilas balik Ramadhan tahun lalu, kita akan melihat kanan kiri kita, keluarga kita, teman kita, sahabat kita atau orang lain yang kita kenal. Diantara mereka ada yang dulu masih bersama dengan kita dan tahun ini tidak bersama lagi. Berarti tahun lalu adalah ramadhan terakhir baginya. Selalu saja kita akan mendapati seperti itu. Dan boleh jadi, tahun ini adalah giliran kita.

Dahulu Rasulullaah pun mengajarkan kita,
"Kalau kalian sholat, sholatlah seperti ingin meninggalkan dunia ini". Idealnya seperti itu.
Seharusnya ketika kita sholat, kita mengatakan boleh jadi ini sholat shubuh terakhir kita. Begitupun dengan amalan dan ibadah lainnya.

Manfaatnya adalah agar kita memberikan persembahan dan kualitas ibadah terbaik untuk Allah, SEKARANG dan tidak menunda!

Tidak ada orang yang paling menyesal dengan penyesalan paling tulus kecuali orang-orang yang sudah meninggalkan dunia ini.

Kita, kadang berazzam untuk lebih baik, namun hanya sementara dan kadang tidak konsisten. Namun orang yang ditetapkan ajalnya, mereka mengatakan "Seandainya masih bisa ditunda sebentar saja, ya Allah". Cuma sayang sekali, mereka tidak lagi bisa mendapatkan kesempatan kedua.

Boleh jadi Ramadhan ini adalah terakhir buat kita adalah kenyataan.
Sebagaimana Rasulullaah di haji Wada mengatakan dalam nasehatnya "Boleh jadi, saya tidak akan temui lagi kalian (para shahabat) setelah ini".
Begitupun dalam persoalan puasa Muharram (asyura), ketika sahabat mengatakan bahwasanya di tanggal 10 Muharram, orang Yahudi juga berpuasa, lalu beliau mengatakan, "Kalau saya masih diberikan kesempatan tahun depan, maka saya juga akan berpuasa di tanggal 9 untuk menyelisihi mereka". Namun ternyata ini justru isyarat kalau beliau akan meninggal.

Orang yang selalu menghadirkan kematian dalam hatinya, maka itu akan menghadirkan ruh yang tidak akan bisa dirasakan oleh pencinta dunia.

Orang yang ingin meninggalkan dunia pasti ingin selalu mempersembahkan ibadah terbaiknya.
Kematian itu sangat dekat dan menghampiri, boleh jadi menghampiri orang-orang yang selama ini tidak kita sangka.

Cukuplah kematian menjadi nasehat yang paling berharga.
Ketika kita mengatakan, boleh jadi ini ramadhan terakhir, yang kita inginkan disini adalah energi positif dan semangat besar untuk berbuat kebaikan.

Maka jadikan Ramadhan ini adalah Ramadhan terbaik selama hidup kita karena boleh jadi tahun depan ia tak lagi kita jumpai.

2 Ramadhan 1441 H
25 April 2020 M


#catatanramadhan1441H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar