Jumat, 24 April 2020

Ujian Dunia

Bismillaah...

Ujian yang datang kepada kita itu ada 2 kemungkinan:
1. Karena dosa
2. Karena konsekuensi dari keimanan

Ada orang yang tidak melakukan dosa besar tetapi diberikan kesulitan oleh Allah, maka itu ujian. Allah melihat ada dosa-dosa yang mungkin dia dilakukan, Allah ingin gugurkan.

Ada yang kedua, bisa jadi ada kesulitan yang kita dapatkan disebabkan karena dosa yang kita kerjakan. Allah membalasnya dengan ujian di dunia supaya nanti di kehidupan akhirat, sudah selesai hisabnya.

Sebuah kisah nyata, ada seorang ulama yang bernama Muhammad bin Sirin. Beliau adalah pedagang madu yang cukup sukses. Tetapi akhirnya beliau jatuh bangkrut, terlilit hutang dan akhirnya beliau dijebloskan ke dalam penjara, padahal beliau ulama. Ketika beliau di penjara, beliau merenung, mungkin ada dosa yang telah dilakukan. Beliau membuka lembaran-lembaran memori hidupnya, apa dosa yang telah dikerjakan yang belum ia taubatkan. Lalu memorinya terbang ke beberapa puluh tahun yang lalu ketika beliau pernah mencela orang dengan mengatakan, "Hai orang yang bangkrut!". Ucapan itu sudah lama, puluhan tahun yang lalu dan ketika beliau mencela orang tersebut ternyata itu dibalas oleh Allah. Beliau diberikan ujian. Muhammad bin Sirin akhirnya mendapatkan usahanya bangkrut dan dijebloskan ke penjara. Ulama besar ini akhirnya paham, tidaklah aku diberikan ujian penjara ini untuk  membayar atas ketidakmampuanku membayar utang disebabkan ucapanku pernah mencela orang ketika aku memanggilnya dengan panggilan, "Hai orang yang bangkrut".

Disinilah kita paham, kadang-kadang ujian yang Allah berikan kepada kita adalah karena dosa yang pernah kita kerjakan. Bukankah Nabi Yunus diterkam ikan paus disebabkan ketidaksabaran beliau menghadapi kaumnya dan meninggalkan kaumnya dalam kondisi marah? Lalu kemudian Allah mengujinya.

Mengapa orang-orang beriman seperti nabi Yunus, Muhammad bin Sirin, langsung diuji seperti itu? Supaya Allah tidak lagi perhitungan dengan mereka di akhirat ketika mereka telah ditebus dengan ujian yang Allah berikan di dunia.

Sama dengan kita. Kalau ada diantara kita yang diberikan ujian yang berat, bisa jadi itu karena ada dosa yang kita lakukan dan itu cukup besar, sampai akhirnya Allah memberikan kesulitan dan ujian pada kehidupan kita untuk membersihkan dosa kita di masa lampau dan Allah tidak lagi perhitungan dengan kita di akhirat.

"Orang yang ingin sekali menyelesaikan masalah dan mengubahnya menjadi anugrah, pastikan bahwasanya dia banyak bertaubat karena bisa jadi ada masalah yang kita jumpai dalam kehidupan kita disebabkan karena dosa yang kita lakukan."

disadur dari ceramah singkat ust Oemar Mita hafidzahullaah


Di penghujung 1 Ramadhan 1441 H
Jumat, 24 April 2020

#catatanramadhan1441H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar