Selasa, 17 Juli 2018

Belajar Corel (1)

Bismillah...
Alhamdulillah..

Di dunia desain grafis. Software merupakan sarana untuk mendigitalkan konsep desain kita. Jenis softwarepun yang dikenal bermacam-macam, diantaranya *Coreldraw, Adobe ilustrator, Inkscape, Adobe Photoshop, GIMP dal lain-lain*. Di kelas ini kita akan fokus ke *software Coreldraw*. Di antara mereka ada yang berbayar dan ada yang gratis. Selain kelas ini, kami juga mengelola kelas software gratis, yaitu Inkscape.

*CorelDraw graphic suite adalah produk software dari perusahaan corel yang berfungsi untuk mengolah gambar vector. Software ini di banderol dengan harga sekitar $ 600 an, atau sekitar Rp. 8 jutaan. Tapi kalau belum sanggup beli, kita masih bisa menggunakan versi Viewernya, cuma beberapa fitur tidak bisa berfungsi seperti Import, eksport, print, save dan lain-lain*

Sedikitnya di dunia desain kita mengenal 2 jenis file, yang pertama Bitmap dan kedua Vector. Contoh file bitmap yang paling sering kita temui adalah hasil jepretan kamera handpone kita. Eksistensi file Bitmap juga bermacam, umumnya kita menemui JPG, JPEG, PNG. Untuk Vector, sederhananya adalah file yang dibuat di software pengolah vector, seperti Coreldraw, Adobe Ilustrator, Inkscape daln lain-lain. Eksistensi filenya di antaranya CDR, AI, SVG dan lain-lain.

Dimateri pengantar kelas Mahir Coreldraw ini kami akan sedkit menjelaskan tools yang sering digunakan di coreldraw.
Sebelumnya perlu kami jelaskan dikelas ini kami fokus ke tools Softwarenya yang nantinya akan kita praktekkan dengan metode Amati dan Tiru. Agar kita bisa fokus ke toolsnya.

Tolls yang kami maksud di antaranya:

1. Pick Tool = Untuk menseleksi objek
2. Shape tool = untuk mengedit vertex, mengedit sisi objek
3. Rectangle tool = untuk membuat persegi
4. Cycle tool = untuk membuat linkaran
5. Text tool = untuk membuat teks
6. Color palette = untuk memberi warna pada objek.

*Materi Pertama*

Nah sekarang kita akan praktekkan penggunaan tools tersebut dengan mendesain sebuah handphone sederhana... untuk langkah-langkahnya simak di https://youtu.be/YdJYdiRtPy0

Tidak ada komentar:

Posting Komentar