Jumat, 28 Agustus 2020

Kaidah 03 - 04

Bismillaah...

Kaidah 3 = Keutamaan Dia (Al Baqarah : 237)

Kaidah 4 = Nilai Kejujuran (Al Qiyamah : 14-15)


~Resume~

Sadarkah kita, orang yang hadir dalam semesta mungil kehidupan keluarga kita, dari pasangan hidup kita, mereka pasti memiliki kekurangan dan kesalahan sebagaimana kita memiliki kekurangan dan kesalahan. Tapi, walaupun ada kesalahan dan kekurangan, mereka adalah orang-orang yang sejatinya pernah menggoreskan kebaikan dalam kehidupan kita. Mungkin kita pernah merasakan gelombang-gelombang kekecewaan, tapi bukankah pasangan hidup kita, pernah membawa bunga yang membuat kita tersenyum?!

Perhatikanlah, orang yang telah berusaha untuk mencarikan rezeki untuk kita, walaupun mereka pernah salah, tapi bukankah dia telah memberikan rezeki yang terbaik untuk keluarganya?!

Perhatikanlah istri kita, walaupun mungkin mereka melakukan kesalahan, bukankah mereka yang telah melahirkan anak-anak kita dan bertaruh dengan nyawanya?!

Orang yang terbaik adalah mereka yang senantiasa menggores kebaikan selayak memahat gambar di atas batu. Siapapun yang baik adalah mereka yang senantiasa mengingat kesalahan sebagaimana dia menulis di atas air yang cepat akan sirna.

Itulah sejatinya orang yang senantiasa berada dalam pusaran kebaikan, adalah mereka yang mengingat kebaikan dari orang-orang di sekitarnya.

Tahukah kita pula, bahwasanya, kehidupan kita akan berbanding lurus dengan kemuliaan, ketika kita jujur kepada diri kita sendiri. Mungkin CCTV luput untuk merekam kita, mungkin orang lain tidak tahu bagaimana hinanya dan tercelanya diri kita. Tapi jujur, setiap orang adalah mengerti tentang kekurangan dan kesalahan yang dia lakukan.

Orang yang senantiasa memperhatikan dirinya, maka dia akan merasa hina dengan amal yang telah dia perbuat.

Siapapun yang jujur dengan dirinya, akan menjadikan dia gampang untuk beristighfar dan bertaubat kepada Allah. Dan siapapun yang jujur kepada dirinya, akan meraih tawadhu' dan terhindar dari sifat ujub pada ibadah dan amal yang dia kerjakan.

Inilah yang menjadikan kita memahami, kaidah yang ketiga dan yang keempat, janganlah engkau lupa kebaikan orang di sekitarmu, dari pasangan hidupmu dan yang lainnya, dan janganlah engkau lupa untuk mengawasi dirimu sendiri bahwasanya engkaulah saksi atas seluruh kesalahan yang kamu lakukan, ketika manusia luput untuk melihat kesalahanmu.


Jum'at, 21 Agustus 2020 / 2 Muharram 1442 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar