Minggu, 30 Agustus 2020

Kaidah 08 - 09

Bismillaah...

Kaidah 8 = Memikul Dosa (Az-Zumar : 7)
Kaidah 9 = Laki-laki & Perempuan (Ali Imran : 37)

~RESUME~

Hari ini kita belajar, bahwasanya siapapun yang terlibat suatu masalah maka bijaklah menyikapi satu masalah yang timbul. Jangan melebar dan jangan memberikan hukuman kepada seseorang yang sejatinya tidak terlibat dengan masalah yang kita hadapi.

Belajarlah kepada Rasulullah, Rasulullah bermusuhan dengan Abu Jahal, tapi Rasulullah tidak memusuhi putranya yaitu adalah Ikrimah, dan justru Ikrimah menjadi pembela Rasulullah. Rasulullah diusir oleh penduduk Thaif tapi Rasulullah tidak dendam kepada keturunan-keturunan Thaif yang sejatinya mereka di masa mendatang, beriman dan membantu serta membela Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassalam.

Inilah yang menjadikan seorang mukmin, siapapun yang sedang terlibat masalah dengan kita, fokuslah kepada mereka yang membuat masalah dengan kita, tidak perlu kita membawa masalah itu kepada seseorang yang sejatinya tidak terlibat pada pusaran masalah tersebut. Kadang-kadang kita punya masalah di kantor, tetapi kita membawa masalah itu, kita limpahkan dan kita lampiaskan kepada anak dan istri kita yang sejatinya tidak mengerti apa yang sebenarnya terjadi. Kita bermusuhan dengan teman kita, tetapi yang kita musuhi anaknya, istrinya, keluarga besarnyapun ikut-ikutan kita musuhi, padahal mereka tidak tahu apa yang sedang terjadi di antara kita dengan teman kita. Inilah yang menjadikan kita mendapatkan, belajarlah menyikapi masalah sesuai dengan konteksnya.


Di sini pula kita mempelajari bahwasanya laki-laki dan perempuan sejatinya memang berbeda. Allah menjadikan laki-laki dan perempuan berbeda bukan untuk saling membedakan, tetapi justru saling mengisi. Bukankah matahari indah ketika digantikan rembulan sebagaimana laki-laki itu akan dipahami keagungannya ketika ada seorang wanita.

Jangan membuat sesuatu yang sama yang sejatinya tidak pernah sama. Ketika kita paham bahwasanya laki-laki dan perempuan itu tidak sama, kita akan tahu bagaimana cara memperlakukan anak kita yang perempuan, tentunya tidak sama memperlakukan anak kita yang laki-laki. Semuanya sudah disampaikan secara tuntas di dalam Al-Qur’an supaya kita bijak menyikapi apapun yang ada di sekitar kita.



Ahad, 23 Agustus 2020 / 4 Muharram 1442
(hari ke 4 di "Journey with Quran" Classroom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar