Senin, 31 Agustus 2020

Kaidah 21 - 22 - 23

Bismillaah...

Kaidah 21 = Orang-orang Benar (At-Taubah : 119)
Kaidah 22 = Pahala (Yusuf : 88-90)
Kaidsh 23 = Pintu yang Benar (Al Baqarah : 189)


~RESUME~

Hari ini kaidah Quran memberitahukan kepada kita bahwasanya kejujuran itu ibarat kapal yang menghantarkan kita kepada dermaga keselamatan. Karena kejujuran berbanding lurus dengan fitrohnya kehidupan manusia.

Imam syafi'i, diterangkan oleh ibnu Ma'in, muridnya, "Kalaulah kedustaan itu diperbolehkan, pastilah kewibawaan Imam Syafi'i yang menjadikan dia tidak berbohong".

Imam Auza'i pun berkata, "Kalaulah ada seruan di langit yang mengatakan diperbolehkan untuk berdusta, maka saya pun enggan untuk berdusta, karena kehinaan yang terletak pada kedustaan."

Kejujuran di dalam bisnis: mendapatkan kepercayaan dari customer dan bisa merumuskan kesuksesan di dalam kita berbisnis. Kalaulah di dalam urusan bisnis ternyata bisa sukses dengan apa yang kita lakukan ketika kita melakukan kejujuran, terlebih lagi dalam urusan akhirat kita tergantung kepada kejujuran kita. 

Kejujuran dalam perkataan, kejujuran dalam keyakinan dan kejujuran di dalam perbuatan.

Inilah pula yang menjadikan kita memahami bahwasanya bukan hanya kejujuran yang kita perlukan, tapi kesabaran dan ketaqwaan pun juga kita perlukan. Banyak orang yang menyangka sabar itu cukup, SALAH. Sabar itu sejatinya belum cukup sampai mereka bertaqwa. Bukankah maling banyak yang bersabar? Bukankah koruptor banyak yang bersabar? Tetapi orang yang beriman adalah mereka yang sabar dan bertaqwa, karena sejatinya kesabaran dan ketaqwaan saling memanggil dan bergandengan mesra.

Inipula yang menjadikan kita mendapatkan sebuah kaidah agung, datangilah sesuatu sesuai dengan pintunya. Temukan apa yang kita harapkan ketika kita menempuh seluruh prosesnya. Datangilah Allah dengan ilmunya karena Allah itu diibadahi dengn ilmu. Pastikan pula pasangan-pasangan hidup kita baik, ketika kita selalu tidak pernah berhenti berproses untuk menjadi baik. Karena segala sesuatu tergantung  pada proses yang kita tempuh sampai kita mendapatkan apa yang kita inginkan.


Jumat, 28 Agustus 2020 / 9 Muharram 1442
(Hari ke 9 di "Journey with Quran" Classroom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar