Sabtu, 29 Agustus 2020

Kaidah 05 - 06 - 07

Bismillaah...


Kaidah 5 = Kerusakan Dusta (Thaha : 61)

Kaidah 6 = Perdamaian (An-Nisa : 128)

Kaidah 7 = Menyalahkan Orang Lain (At-Taubah : 91)


~Resume~

Hari ini kita belajar bahwasanya Islam menempatkan perdamaian pada posisi yang agung. Semangatnya Islam adalah mempersaudarakan dan persaudaraan tidak akan pernah terbentuk kecuali adalah menumbuhkan perdamaian diantara manusia.

Dusta itu tercela, kecuali dusta ketika ingin mendamaikan hati yang bertikai. Siapapun yang hari ini melihat keluarganya, ayah dan ibunya bertengkar, melihat teman-teman circle-nya bertengkar dan berselisih, melihat teman-teman kajiannya saling bersalah paham antara satu dengan yang lainnya, pastikan bahwasanya kita mendamaikan di antara mereka, karena mendamaikan hati di antara manusia itu lebih besar dari pahala sholat, pahala shodaqoh dan pahala puasa.

Jadilah kita sebagaimana air yang mengademkan, jadilah sebagaimana jarum yang merekatkan. Jangan menjadi api yang sifatnya membakar, jangan pula menjadi gunting yang sifatnya mengoyak.

Hari ini kita juga belajar bahwasanya dalam kehidupan kita, di dalam kehidupan berinteraksi, janganlah menuntut kesempurnaan. Allah terkadang hadirkan orang-orang yang telah berbuat baik tapi terkadang mereka memiliki kekurangan-kekurangan. Miliki sifat empati pada kekurangan-kekurangan saudara kita, karena sesungguhnya Allah akan kirimkan orang-orang yang empati pada kekuranganmu, ketika kita juga melangkah di dalam kekurangan dan kesalahan. Sesungguhnya menuntut kesempurnaan itu wajar, tetapi memiliki sifat empati atas kekurangan dan kesalahan setelah mereka berbuat baik dalam interaksi sosial bersama dengan kita itu adalah hukumnya wajib. Allah memaklumi keterbatasan yang dimiliki para sahabat ketika mereka tidak bisa mengikuti perang tabuk disebabkan Allah tahu siapa yang memiliki keterbatasan dan Allah memaklumi itu.

Semoga kita senantiasa memiliki sifat memaklumi, seni memaklumi di antara manusia ketika kita berinteraksi dan semoga kita senantiasa memaklumi atas segala kekurangan orang lain supaya Allah kirimkan orang-orang yang juga memaklumi kekurangan kita.


Sabtu, 22 Agustus 2020 / 3 Muharram 1442 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar