Senin, 31 Agustus 2020

Kaidah 24 - 25 - 26

Bismillaah...

Kaidah 24 = Mencari Keridhoan (Al Ankabut : 69)
Kaidah 25 = Menakuti (Al Isro' : 59)
Kaidah 26 = Teliti Berita (Al Hujurat : 6)


~RESUME~

Hari ini kita belajar, siapapun yang bersungguh-sungguh dalam perjalanan kebaikan, maka dia akan mendapatkan garansi petunjuk yang Allah berikan kepada mereka yang bersungguh-sungguh. Siapapun hari ini yang sedang hijrah, bersungguh-sungguhlah sampai Allah memberikan kepadamu petunjuk. Siapapun yang sedang berbakti kepada orangtuanya, bersungguh-sungguhlah sampai Allah akan memberikan petunjuk. Karena siapapun yang istiqomah serta bersungguh-sungguh pada jalan ini, sesungguhnya Allah tidak akan pernah melewatkan kecuali Allah mengiringi mereka dengan petunjuk-petunjuk yang Allah turunkan dari langit.

Disinilah kita juga mengerti bahwasanya semua yang terjadi di alam semesta ini bukan terjadi karena kebetulan dan settingan, tapi semua yang terjadi di alam ini merupakan bagian dari hikmah yang Allah tetapkan supaya kita kembali kepada Allah. Janganlah kita melihat banjir, tsunami hanyalah data dan angka yang tidak kita kaitkan kepada Allah. Terjadinya gesekan lempeng bumi, terjadinya tsunami, tidaklah itu terjadi kecuali menakuti kita supaya kita kembali kepada Allah.

Inipula yang menjadikan kita memahami bahwasanya apapun yang kita dengarkan, maka pastikan kita bertabayyun. Dan tabayyun itu sejatinya dengan dua langkah: pastikan apa yang kita dengar dan apa yang kita lihat betul-betul terjadi dan pastikan bahwasanya yang terjadi adalah sesuai dengan konteks kejadian yang sebenarnya sehingga kita tidak sampai salah mengambil kesimpulan di dalam menyikapi saudara kita.

Semoga Allah merahmati kita.



Sabtu, 29 Agustus 2020 / 10 Muharram 1442
(Hari ke 10 di "Journey with Qur'an" Classroom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar