Sabtu, 09 Januari 2021

Homeschooling

Bismillaah...

Niat lama kembali muncul setelah membaca kisah tentang anak-anak homeschooling yang diceritakan oleh saksi "kesuksesan" mereka. Bukan hanya datang dari 1-2 keluarga, tapi seringkali saya mendengar, anak-anak yang homeschooling itu lebih sukses dan bermanfaat serta ber-akhlaqul karimah. Menjadikan anak-anak kita anak yang shaleh, berakhlak yang baik serta bermanfaat buat agama dan sesama serta sukses dalam hal duniawi tentu adalah tujuan semua orang tua untuk anak-anaknya.

Dulu, sewaktu anak baru 3 dan usia sekolah sudah menghampiri mereka, muncullah kekhawatiran demi kekhawatiran di diri saya sebagai ummi dari mereka. Kekhawatiran itu hanya tentang akhlak dan keadaan anak-anak dengan arus zaman yang makin hari makin aneh, tidak seperti dulu. Maka wajar, jika di zaman sekarang, bermunculan lah para pelaku HS (Homeschooling).

Begitupun dengan saya. Sempat waktu itu, saya mengutarakan maksud/niat saya kepada suami untuk meng-HS-kan anak-anak. Diizinkan. Namun, seiring berjalannya waktu, pada akhirnya kami tetap memasukkan anak-anak ke sekolah formal.

Itu dulu. Ketika niat muncul tenggelam dan akhirnya karam. Namun sekarang, niat itu kembali menyeruak. Rasa-rasanya, ingin meng HS kan saja semua anak-anak. Bukan tanpa sebab. Hampir setahun terlibat langsung menjadi "guru" buat mereka, saya semakin merasa bahwa pelajaran hari demi hari, rasanya hanya berputar di itu-itu saja. Bertele-tele dan terlalu lama. Ada banyak hal yang mestinya harus dipelajari namun tidak diajarkan secara formal di sekolah. Pelajaran dan tugas-tugas yang diberikan, rasanya hanya menjadi beban dan sesuatu yang menghantui buat anak, terlebih orang tuanya.

Walau niat itu ada, namun jika tidak ada dukungan dari lingkungan sekitar, mungkin niat ini tidak akan pernah terwujud. Namun, saya sangat berharap, jika misalnya HomeSchooling ini tidak bisa saya terapkan di ketiga anak saya, minimal di Hanin, si bungsu lah yang akan mendapatkannya.

Semoga kelak Allah izinkan, Allah mudahkan dan Allah panjangkan umur saya agar bisa mendidik anak-anak menjadi manusia bertaqwa, berakhlak dan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar