Sabtu, 09 Januari 2021

Tentang Kebaikan

Bismillaah...

Kebaikan itu sesuatu yang mestinya tidak boleh dilupakan jika orang lain lakukan pada kita. Sebaliknya, kebaikan yang kita lakukan pada orang lain, lupakan sesegera mungkin.

Tentang kebaikan orang lain...
Dulu, sewaktu saya masih SD kelas 3, waktu itu kami pindah rumah yang jarak antara sekolah dan rumah itu agak jauh, mesti pake kendaraan. Kalau gak diantar, mau tidak mau saya harus naik angkot (pete-pete). Karena waktu itu masih SD, kebanyakan supir pete-pete tidak mau atau acuh mengambil penumpang seusia kami. Jadinya, kadang kami terlambat walau sudah cepat untuk menunggu pete-pete di tempat pemberhentian. Saya ingat sekali, kode pete-pete waktu itu adalah 07 dengan rute unhas-abdesir-telkom pettarani.

Diantara kebanyakan supir pete-pete yang acuh, ada 1 supir pete-pete "andalan". Walau angkotnya agak tua, supirnya juga sudah tua 😷, namun ia baik hati dan masih terkenang hingga kini. Sering sekali mengangkut kami walau penumpangnya sudah full. Disuruhnya kami menyelip di antara penumpang dewasa (untung bisa terselip 😂) jika hal itu terjadi, walau kadang-kadang juga penumpangnya sepi sih. Yang istimewa adalah, setiap kali kami menjadi penumpangnya, kami dikasi GRATIS. Bukan karena kami tidak mau bayar, namun seringkali mobilnya tancap gas saat kami baru saja menginjakkan kedua kaki kami di tanah tujuan.

Seringsekali seperti itu sampai saya tamat SD. Bahkan seingat saya, di waktu kuliah, pak supir angkot itu masih baik hati menggratiskan saya. Padahal mahasiswa itu sudah bukan anak-anak lagi.

Peristiwa nya sudah jauh berlalu berpuluh tahun yang lalu, namun kebaikan bapak supir pete-pete itu masih selalu terkenang jika kata "pete-pete" disebut.

Walau hari ini saya tidak mengetahui keberadaannya, semoga Allah membalas kebaikannya dengan balasan terbaik di sisi Allah. Semoga Allah senantiasa menjaganya.

Begitulah kebaikan, akan membekas di hati orang yang menerimanya. Maka lakukan kebaikan sekecil apapun dan berharaplah Allah yang membalasnya. Setelah itu, lupakan dan lakukan lagi kebaikan yang lain.

❤️ "Dan tidaklah kebaikan itu akan dibalas kecuali dengan kebaikan pula" (Ar Rahman : 60) ❤️

Tidak ada komentar:

Posting Komentar