Selasa, 01 September 2020

Kaidah 27 - 28 - 29

Bismillaah...

Kaidah 27 = Dosa Orang Lain (Fathir : 18)
Kaidah 28 = Timbangan (Al A'raf : 85)
Kaidah 29 = Musuh-musuhmu (An Nisa : 45)


~RESUME~

Hari ini kita belajar bahwasanya komitmen kita untuk mengikuti sunnah bukan hanya dalam perkara shalat, puasa ataupun haji, tapi komitmen kita ketika mengikuti sunnah yaitu adalah bagaimana mengkondisikan hati dan jiwa kita sesuai dengan apa yang Allah ridhoi. Semakin bersih hati kita, semakin bening jiwa kita, semakin tinggi posisi kita kelak dalam kehidupan syurga. Karena tidak ada perhatian yang paling besar yang Allah berikan kepada hati manusia kecuali perhatian Allah kepada hati dan kebeningan jiwa seorang mukmin.

Hari ini pula kita belajar bahwasanya kebaikan iman kita terletak pada komitmen kita untuk menjaga takaran dan timbangan dalam setiap perniagaan dan perdagangan kita. Siapapun yang culas di dalam mengurangi timbangan saudaranya, tidaklah apa yang diambil tidak sebanding dengan apa yang dia rasakan dari hukuman dan kerusakan. Maka hargailah setiap timbangan yang kita lakukan dalam setiap transaksi yang telah kita berikan. Seorang mukmin senantiasa mereka menyepakati syarat yang telah dia sanggupi.

Hari ini kita juga belajar bahwasanya setiap orang yang beriman pasti memiliki musuh. Allah memberikan kepada kita musuh, sejatinya Allah ingin melihat  siapa yang bersungguh-sungguh di dalam agama ini dan siapa yang bermain-main. Siapa yang sepenuh hati di dalam agama ini dan orang yang setengah hati di dalam agama ini. Karena musuh itu memicu kesungguhan kita di dalam memperjuangkan agama Allah. Sekuat apapun musuh-musuh Allah, sekuat apapun musuh-musuh Rasulullaah, sesungguhnya orang yang beriman lebih kuat daripada seluruh daya dan kekuatan orang-orang yang memusuhi agama Allah. Karena orang yang beriman, merekalah yang sejatinya bersandar kepada Allah dan orang yang bersandar kepada Allah tidak akan pernah kalah di dunia. Hidupnya mulia ketika hidup di dunia dan akan menjadi mulia dengan mendapatkan kemuliaan dalam kehidupan di akhiratnya.

Semoga kita mampu menjaga hati kita sekaligus pula menjaga komitmen kita untuk menjaga takaran serta bagaimana kita senantiasa yakin jalan perjuangan ini tidak akan pernah kalah ketika kita bersandar kepada Rabb yang sempurna dalam kekuatan dan keinginan serta kehendaknya.



Senin, 31 Agustus 2020 / 12 Muharram 1442
(Hari ke 11 di "Journey with Quran" Classroom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar