Selasa, 08 Januari 2019

...Kelak Di Hari Perhitungan...

Bismillaah...

Yang tersisa dari perjalanan dan seringkali agak enggan untuk diselesaikan adalah...

Menata kembali perbekalan pakaian dll ke tempat atau lemari masing-masing.

Ah, andai saja, semua barang yang kita miliki hanya punya 1 tempat dan hanya sedikit, tentu kita akan punya banyak waktu untuk mengerjakan yang lain. Mungkin serupa dengan harta yang kita miliki, kelak pertanggungjawabannya akan memakan waktu lebih banyak jika harta kita juga banyak. Sekiranya orang-orang lain yang tergolong miskin di dunia, tidak memiliki harta, hisabnya lebih cepat dan bisa masuk ke syurga lebih cepat.

Karenanya, sejak menyadari kematian betul-betul akan terjadi pada diri, sejak kepergian suami yang mendadak dan tak pernah terbayangkan sebelumnya, saat melihat barang-barang kepemilikan suami yang tidak dibawa pergi, akhirnya saya membatasi untuk menambah-nambah segala sesuatu, apapun itu. Kecuali betul-betul sudah mendesak dan memang diperlukan.

Dampaknya adalah, rumah yang baru kami tinggali di Makassar, yang menjadi basis/kantor/toko/gudang Mutiara Hijab Kids, akhirnya minim perabot. Dan rasanya lebih lapang dan terasa lebih leluasa untuk bergerak. Mungkin seperti itulah yang akan dirasakan kelak di hari perhitungan, saat kita tak punya apa-apa, rasanya plong dan bisa lebih singkat waktu penghisaban diri kita dibanding yang banyak harta.

Apapun kondisi kita, semoga apa yang kita miliki semuanya bermanfaat dan bisa menjadi sarana agar amalan kita bertambah, hingga menjadi pemberat amal timbangan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar