Kamis, 03 Januari 2019

Lelah

Bismillaah

Tentang lelah, sedikit mau bercerita tentang pengalaman hari ini.
Jadi hari ini, mulai pagi sudah beraktivitas lebih awal, karena rencana akan keluar rumah bawa anak-anak jalan. Lebih tepatnya, ada suatu urusan urgen di luar.

Keluar rumah agak telat, karena si adik agak telat menjemput. Lanjut ke mall, keliling keliling kesana kemari mencari satu tempat untuk menyelesaikan satu urusan. Bersama ke empat bocah, 2 adik dan ipar. Sepanjang jalan berkeliling itu, Ziyad, seperti biasa, merengek untuk dibawa ke tempat bermain anak-anak. Karena tempat yang saya cari itu tidak dapat-dapat, saya lelah, dan akhirnya membawa anak-anak ke arena bermain.

Singkat cerita, setelah bermain, kami singgah makan. Daaaan, setelah makan, kami ~saya, adik, ipar~ rasa-rasanya lelah, jadi kami sepakat untuk pulang ke rumah.
Ada apa dengan anak-anak? Terutama Ziyad?
"Ummi, singgah lagi di tempat main"

Subhanallaah.. tidak capek-capeknya ini anak-anak 😂😂😂

Saat itu, saya berpikir, oh, begini ya rasanya jika kita sudah tak lagi muda. Jalan sebentar saja, lelah, capek. Jadi ingat nenek di rumah, yang tenaganya sudah terbatas. Tidak bisa lagi kesana kemari. Padahal, dulu mobile sekali. Anaknya banyak, kadang tiba-tiba ada di Makassar, besoknya, eh sudah ada di Palopo, pekan depannya di mana, pekan ini disini. Tapi sekarang? Jangankan keluar rumah, jalan ke wc saja mesti pake bantuan, tertatih memegang tembok sambil jalan pelan-pelan.

Benarlah perkataan Rasulullaah, untuk memanfaatkan 5 perkara sebelum datang 5 perkara lain. Manfaatkanlah masa mudamu, sebelum datang masa tuamu. Jika di masa muda saja kita enggan untuk beramal, kita enggan untuk bergerak, jangan harap masa tuamu akan bisa engkau lakukan itu semua. Terlebih, jika kematian menjemput. Tinggallah penyesalan, kenapa saya dulu tidak begini dan begitu.

Belajar dari Ziyad hari ini, jangan ada kata "Lelah".

Maasyaallah, semoga kita semua bisa mengisi masa muda kita, masa sehat kita dengan banyak-banyak beramal, mengumpulkan bekal sebanyak-banyaknya, menebar manfaat seluas-luasnya. Dan, semoga Allah catat itu sebagai kebaikan yang bisa mengantarkan kita ke syurganya kelak, Insyaallah, aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar